Workshop Asesmen Kompetensi Minimal (AKM)

Merdeka belajar adalah kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan menghapus Ujian Nasional (UN) diganti Asesmen Kompetensi. Asesmen nasional sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah kompetensi yang benar-benar minimum, dimana melalui AKM dapat memetakan sekolah-sekolah di daerah berdasarkan kompetensi minimum yang harus dipersiapkan. Kompetensi Minimun adalah kompetensi dasar yang dibutuhkan murid untuk bisa belajar, apapun materinya dan apapun mata pelajarannya. Sehingga materi AKM ada dua yaitu terkait literasi atau baca tulis, serta literasi numerasi.

Literasi yang dimaksudkan di sini bukan sekedar kemampuan membaca, tapi juga kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan untuk mengerti atau memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan numerasi adalah kemampuan menganalisis menggunakan angka. Serta menekankan literasi dan numerasi bukan tentang mata pelajaran bahasa atau matematika, melainkan kemampuan murid agar dapat menggunakan konsep literasi ini untuk menganalisa sebuah materi. Dengan literasi dan numerasi ini membantu murid-murid untuk mempelajari bidang ilmu lain, terutama untuk berpikir dan mencerna informasi dalam bentuk tertulis dan dalam bentuk angka atau kuantitatif.

Seiiring dengan hal tersebut di atas, maka pada tanggal 16 Maret 2021 telah dilaksanakan Workshop Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi bapak/ibu guru di SMK Negeri 7 Semarang. Berkenan membuka kegiatan dan menyampaiakn sambutan adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum – Titik Setyawati, S.Pd., MT. Sedangkan yang bertindak sebagai narasumber adalah bapak Arief Ediyanto, M.Pd. (Guru SMK Negeri 1 Kendal – anggota Tim Penilai PAK Provinsi Jawa Tengah). Berikut sebagian cuplikan liputan kegiatan tersebut.

Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Sambutan pembukaan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum – Titik Setyawati, S.Pd., MT
 
Penyampaian materi oleh bapak Arief Ediyanto, M.Pd.

Suasana kegiatan

Penyampaian pendapat atau pertanyaan dari peserta – ibu Hidayatul Khotimah, S.S. (Guru Bahasa Indonesia)

Penyampaian pendapat atau pertanyaan dari peserta – bapak Sadar Djunedy, S.Sos. (Guru Pendidikan Kewarganegaraan)
 
Penyampaian pendapat atau pertanyaan dari peserta – bapak Drs. Artiyono (Guru Pendidikan Kewarganegaraan)
 
Penyampaian pendapat atau pertanyaan dari peserta – bapak Komariyanto, S.Pd. (Guru Teknil Fabrikasi Logam dan Manufaktur)

Penyampaian pendapat atau pertanyaan dari peserta – ibu Rahayu, S.Pd., M.Si. (Guru Teknik Tenaga Listrik)

Penyampaian pendapat atau pertanyaan dari peserta – ibu Netty Pietersina Engel, S.Pd., M.Kom. (Guru Sistem Informatika, Jaringan, dan Aplikasi)

Penyampaian pendapat atau pertanyaan dari peserta – bapak Abdulloh Jamil, S.Ag., M.Si. (Guru Pendidikan Agama Islam)
 
Penyampaian pendapat atau pertanyaan dari peserta – ibu Wigati Martina, S.Pd. (Guru Bahasa Inggris)

Sesi foto bersama

Share your thoughts