Juara Idea Competition Pertamina

Salah satu ciri SMK Unggulan adalah SMK yang menerapkan Budaya Industri. Pertamina adalah salah satu perusahaan besar yang ada, dan memiliki budaya kerja yang baik. Sebagai  salah satu bentuk internalisasi budaya perusahaan, khususnya terkait inovasi, tidak hanya kepada karyawan Pertamina tapi juga kepada mahasiswa dan pelajar yang merupakan stakeholders Pertamina, telah diadakan  kegiatan Idea Competition yang diselenggarakan oleh AOC (Agent of Change) Sekawan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan masukan terkait proses bisnis yang ada di  Pertamina.

Dari ajang Idea Competition tingkat Universitas/sederajat dan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/sederajat), sedikitnya terkumpul 124 judul inovasi yang diajukan dari 44 tim SMA/sederajat dan 80 timUuniversitas/sederajat, yang  terdiri dari beberapa tema, antara lain Energi Baru Terbarukan, Inovasi Pengelolaan Lingkungan, Digitalisasi, dan Booster Produk Pertamax Series & BrightGas.

Inovasi-inovasi yang dilahirkan dalam ajang kompetisi ini berpotensi untuk difasilitasi Pertamina baik untuk dikembangkan lebih lanjut maupun diimplementasikan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara nyata.

SMK Negeri 7 Semarang sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan di Jawa Tengah, mengirimkan duta terbaiknya dalam ajang kompetisi  tersebut yang terdiri dari siswa lintas Kompetensi Keahlian,  sebagai bagian dari cara untuk menumbuhkan kolaborasi di sekolah. Adapun siswa-siswa tersebut adalah :

  1. Mushafa Fadzan Andira (SIJA – Sistem Informatika, Jaringan, dan Aplikasi)
  2. Muhammad Iqbal Ali Sa’Idil Muna (SIJA – Sistem Informatika, Jaringan, dan Aplikasi)
  3. Fadhel Maulana Yasa (TME – Teknik Mekatronika)
  4. Muhammad Farhan Ardisa (TME – Teknik Mekatronika)
  5. Marsela Nur Choirunnisa (TME – Teknik Mekatronika)

Tim ini dibimbing oleh Bapak Albasori, S.Pd. (Guru TTL – Teknik Tenaga Listrik, yang berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 821.3/8/2022 Tertanggal 07 Januari 2022  diangkat menjadi Kepala SMK Negeri 1 Cluwak, Kabupaten Pati).

Share your thoughts